top of page

Group

Public·28 members
Fairlickson Akow
Fairlickson Akow

Jurnal Akuntansi Keperilakuan Pdf 28


Jurnal Akuntansi Keperilakuan: Tinjauan Literatur dan Aplikasi




Akuntansi keperilakuan adalah bidang ilmu akuntansi yang mempelajari perilaku manusia dalam konteks akuntansi, baik sebagai penyedia maupun pengguna informasi akuntansi. Akuntansi keperilakuan menggunakan berbagai teori dan metode dari disiplin ilmu lain, seperti ekonomi, psikologi, sosiologi, dan organisasi, untuk menjelaskan dan memprediksi fenomena akuntansi yang berkaitan dengan perilaku individu, kelompok, atau organisasi. Akuntansi keperilakuan memiliki banyak aplikasi dalam bidang akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, audit, pajak, sistem informasi, dan etika.


Penelitian akuntansi keperilakuan telah berkembang sejak tahun 1970-an dan masih terus berkembang hingga saat ini. Penelitian ini mencakup berbagai topik, seperti motivasi, partisipasi, komitmen, kinerja, pengambilan keputusan, pengukuran, pengendalian, penghargaan, konflik, kerjasama, komunikasi, belajar, persepsi, sikap, emosi, kepribadian, budaya, etika, dan lain-lain. Penelitian ini juga menggunakan berbagai pendekatan, seperti eksperimen laboratorium atau lapangan, survei kuesioner atau wawancara, studi kasus atau observasi, simulasi atau permainan peran, meta-analisis atau studi literatur.


Download: https://urluso.com/2w3OCC


Salah satu contoh penelitian akuntansi keperilakuan adalah studi literatur yang dilakukan oleh Mahardika dan Rokhayati (2021), yang menganalisis aspek keperilakuan dalam proses penganggaran. Penelitian ini mengkaji 46 artikel dari tahun 1973 hingga 2019 yang diperoleh melalui Google Scholar. Penelitian ini memetakan aspek keperilakuan dalam tiga tahapan proses penganggaran: penetapan tujuan, implementasi, dan evaluasi melalui perspektif teori yang digunakan. Penelitian ini juga memberikan saran manajerial dari tinjauan teoritis dan kajian empiris penelitian terdahulu. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis berupa kerangka kerja yang mengelaborasi proses penganggaran dan menyajikan celah penelitian untuk penelitian masa depan.


Contoh lain adalah penelitian akuntansi keperilakuan yang dilakukan oleh Muliawati (2006), yang membahas aspek keperilakuan dalam akuntansi keuangan. Penelitian ini menjelaskan perkembangan akuntansi keperilakuan, korelasi antara akuntansi keperilakuan dan akuntansi keuangan, dan penelitian terkini akuntansi keperilakuan dalam akuntansi keuangan. Penelitian ini menunjukkan bahwa setiap keputusan dan pertimbangan yang dibuat oleh akuntan, auditor, dan pengguna laporan keuangan adalah berkaitan dengan aspek keperilakuan dalam akuntansi keuangan. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya memahami faktor-faktor psikologis dan sosial yang mempengaruhi perilaku manusia dalam konteks akuntansi.


Penelitian akuntansi keperilakuan yang lain adalah penelitian yang dilakukan oleh Prasetyo (2006), yang mengulas perkembangan penelitian akuntansi keperilakuan berdasarkan artikel dari penelitian empiris di bidang akuntansi manajemen. Penelitian ini berfokus pada perkembangan pendekatan yang digunakan dan berbagai teori yang mendasari penelitian tersebut. Penelitian ini mengklasifikasikan penelitian akuntansi keperilakuan menjadi tiga generasi: generasi pertama (1970-1980), generasi kedua (1980-1990), dan generasi ketiga (1990-sekarang). Penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa isu dan tantangan yang dihadapi oleh peneliti akuntansi keperilakuan, seperti validitas eksternal, relevansi praktis, keragaman teori, dan etika penelitian.


Penelitian akuntansi keperilakuan merupakan bidang ilmu akuntansi yang menarik dan bermanfaat untuk dipelajari. Penelitian ini dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang perilaku manusia dalam konteks akuntansi dan dampaknya terhadap kualitas informasi akuntansi dan efektivitas organisasi. Penelitian ini juga dapat memberikan rekomendasi bagi praktisi akuntansi untuk meningkatkan kinerja dan kesejahteraan mereka. Penelitian ini juga dapat memberikan inspirasi bagi peneliti akuntansi untuk mengembangkan penelitian yang lebih inovatif dan relevan dengan kebutuhan masyarakat.


Referensi:



  • Mahardika, C., & Rokhayati, H. (2021). Analisis Aspek Keperilakuan dalam Proses Penganggaran. Jurnal Akuntansi dan Bisnis, 21(1), 69-85.



  • Muliawati, M. (2006). Aspek Keperilakuan dalam Akuntansi Keuangan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia, 3(2), 139-156.



  • Prasetyo, A. (2006). Perkembangan Penelitian Akuntansi Keperilakuan: Berbagai Teori dan Pendekatan yang Digunakan. Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia, 10(2), 95-112.




About

Welcome to the group! You can connect with other members, ge...

Members

  • L
    ldauncey2004
  • Ishita Pataliya
    Ishita Pataliya
  • Arya Bhatnagar
    Arya Bhatnagar
  • Reno Smidt
    Reno Smidt
  • Maruvs Maruvs
    Maruvs Maruvs
bottom of page